Thursday 7 January 2016

Pertolongan Pertama Pada Asma

Pertolongan Pertama Pada Asma


Halo pemirsa di artikel kali ini saya akan membahas tentang Pertolongan Pertama Pada Asma. Kenapa saya membuat artikel ini karena ini adalah cerita tentang pengalaman pribadi saya yang menangani orang yang terkena Asma. Karena saya pribadi berpropesi sebagai agen travel atau disebut juga Guide. Artrikel ini saya ceritakan waktu saya membawa peserta pendakian gunung prau yang terletak di dieng-wonosobo. Gunung tersebut dikenal dengan dinginnya dataran tinggi dan treknya yang berdebu sehingga membuat peserta saya mengalami Asma.

Tips Pertolongan Pertama Pada Asma

pertolongan pertama pada asmaYang harus kalian lakukan untuk melakukan pertolongan pertama ialah: Beri sugesti kepada penderita asma supaya diam dan tetap tenang tanpa melakukan apa-apa, itulah yang saya lakukan ketika ada peserta saya yang mengalami Asma. Usahakan mencari tempat yang nyaman untuk penderita dengan udara yang bersih, terbuka dan menyegarkan, Waktu itu saya bawa ke bawah pohon yang rindang dan merebahkannya denagn posisi bersandar di bawah pohon karena dengan posisi tersebut akan membuat rongga paru-paru terbuka lebar. Usahakan yang lainnya jangan panik karena kepanikan akan membuat kita sulit untuk berpikir jernih. berikan sugesti kepada korban supaya rileks dan tenang.

Beri tahu kepada penderita asma untuk menarik napas dalam-dalam, kalau dulu saya langsung memberikannya oksigen botol yang 100% mengandung oksigen murni dan langsung menyemprotkannya. lain halnya jika kamu mendapati hal serupa dan tidak ada oksigen botol ataupun obat asma. usahakan beritahu si korban untuk tidak banyak bertanya ataupun berbicara karena akan mempersulit pernapasan dia, si penderita usahakan jangan diposisikan dalam posisi tidur Itu dapat memperparah kondisi yang diderita, karena jika diposisikan tidur saluran pernafasannya dapat tersumbat karena posisi tidur yang salah.

Longgarkan ikat pinggang atau baju penderita hingga dapat bernafas dengan lancar. berikan air putih secukupnya supaya si penderita merasa nyaman dan kandungan air putih memiliki oksigen yang banyak. Sugestikan kepada si penderita untuk menggunakan inhaler peleganya dan bantulah dia jika perlu, setelah itu bergegaslah untuk meminta ambulan atau segera bawa penderita tersebut ke klinik terdekat. jika tidak memungkinkan lihatlah reaksi dari setelah menghirup inheler selama lebih kurang lima sampai sepuluh menit. Jika serangannya ringan dan berhenti dalam waktu lima atau sepuluh menit, mintalah penderita untuk menghirup inhaler satu kali lagi.

Jika yang dialami penderita tersebut semakin parah dan inhaler tidak juga berefek dalam waktu lima sampai 10 menit, segeralah hubungi ambulans. Bantulah dia menggunakan inhaler setiap lima sampai sepuluh menit selama dalam perjalanan menuju rumah sakit. Itulah Pertolongan pertama pada serangan asma yang bisa saya share, ingat ini bukanlah resep dari dokter hanyalah pengalaman pribadi saja kalian bisa bertanya langsung ke dokter spesialisnya supaya lebih jelas. Semoga dengan pengalaman saya bisa jadi pelajaran singkat bagi kamu. terima kasih atas kunjungannya ke blog saya, jika ada saran atau komentar silahkan di isikan di formulir komentar.

Tag: Pertolongan pertama

No comments:

Post a Comment